*

*

Ads

Selasa, 12 Juni 2018

Pendekar Mata Keranjang Jilid 217

Hay Hay mengibaskan tangan yang memegang suling, terdengar suara melengking tinggi dan tubuhnyapun tumbuh menjadi besar, sebesar Han Siong! Mereka berdiri berhadapan dalam keadaan yang menyeramkan semua orang.

Han Siong kini terkejut. Tak pernah disangkanya bahwa Hay Hay akan sehebat ini kepandaiannya! Karena sudah terlanjur mengeluarkan ilmu sihirnya, melihat lawan sudah mengembarinya menjadi besar pula, Han Siong lalu menggerakkan pedangnya dan menyerang.

Hay Hay menggerakkan sulingnya menangkis dan balas menyerang. Terjadilah pertempuran yang hebat dan dahsyat, mengguncangkan tanah di sekelilingnya. Pohon-pohon bergoyang seperti tertiup angin taufan, bahkan banyak dahan pohon yang patah, batu-batu beterbangan tertendang kaki mereka dan debu mengebul tinggi.

Kembali keduanya terkejut dan kagum. Kwan-im Kiam-sut yang dimainkan Han Siong memang merupakan ilmu pedang yang jarang tandingannya, namun Hay Hay mampu menandinginya dengan sulingnya. Bahkan setelah lewat belasan jurus, Han Siong dapat menilai bahwa akan sukarlah baginya mengalahkan pemuda itu dengan pedangnya, apalagi setelah keduanya menjadi sebesar raksasa itu. Dan kalau perkelahian itu dilanjutkan, dapat membahayakan arang-orang yang menonton di sekeliling tempat itu.

"Tang Hay, tidak perlu menakut-nakuti orang lain. Aku akan menjadi kecil sampai engkau tidak akan dapat melihatku lagi!"

Kembali "raksasa" Han Siong menggerakkan pedangnya dan tiba-tiba tubuhnya lenyap, karena dari keadaan tinggi besar seperti raksasa, tiba-tiba saja tubuh itu menyusut menjadi kecil, hanya sebesar jari tangan manusia biasa! Kehilangan lawannya, Hay Hay sejenak bingung dan diapun tahu apa yang telah dilakukan lawannya.

"Pek Han Siong, sudah kukatakan, aku akan mengembari ilmumu. Lihat, akupun menjadi kecil sebesar kamu!"

Dan tubuh Hay Hay kini lenyap dari pandanggan orang-orang yang berada disitu, menjadi kecil seperti Han Siong dan keduanya kini melanjutkan perkelahian dengan suling dan pedang dalam keadaan tubuh sebesar jari tangan manusia biasa. Mereka yang menonton perkelahian aneh itu akhirnya dapat melihat mereka berdua dan terdengar seruan-seruan kaget, heran dan kagum!

Kalau tadi mereka menyaksikan dua orang raksasa yang tingginya empat ukuran manusia biasa berkelahi, mengguncangkan tanah di sekeliling tempat itu, kini mereka melihat dua orang yang amat kecil, hanya sebesar jari tangan mereka, berkelahi. Tadi mereka merasa seram dan takut, kini merasa ngeri dan juga lucu bercampur tegang.

Han Siong dan Hay Hay kembali saling serang dan biarpun keduanya mengerahkan seluruh tenaga dan mengeluarkan kepandaian simpanan mereka, namun masing-masing selalu menjaga agar jangan sampai saling membunuh. Han Siong sama sekali tidak ingin membunuh Hay Hay yang dicinta oleh Pek Eng, melainkan ingin menaklukkannya. Sebaliknya, tentu saja Hay Hay tidak ingin membunuh Han Siong yang membela adiknya, hanya ingin memperlihatkan kepandaian agar jangan sampai dipandang rendah sebagai putera seorang jai-hwa-cat.

Sebetulhya, kalau dibuat ukuran, Hay Hay telah menerima gemblengan yang lebih kuat daripada Han Siong. Baik dalam ilmu silat, mereka berdua menerima pelajaran dari orang-orang yang menjadi anggauta Delapan Dewa. Akan tetapi Hay Hay menerima gemblengan langsung. Juga dalam hal ilmu sihir, Hay Hay telah digembleng oleh dua orang, apalagi gemblengan terakhir dari Song Lojin membuat kedua macam ilmu kepandaiannya itu menjadi matang betul.

Akan tetapi karena dia selalu mengalah dan tidak ada niat di hatinya untuk mengalahkan Han Siong, apalagi melukai atau membunuh, maka pertandingan antara mereka itu menjadi seimbang dan seru bukan main.

Sementara itu, kini pertempuran telah mulai terhenti di sana-sini. Setelah sebagian pemimpin mereka tewas atau melarikan diri, makin gentarlah hati para pasukan pemberontak. Mereka kalah banyak dan terhimpit dari depan belakang. Apalagi di pihak pemerintah terdapat para pendekar yang amat lihai. Orang-orang yang mereka andalkan sudah habis. Lam-hai Giam-lo telah tewas, juga Kulana yang amat mereka harapkan itu. Para pembantu Lam-hai Giam-lo juga sudah roboh satu demi satu. Suami isteri Siangkoan Leng dan Ma Kim Li yang terkenal dengan julukan Sepasang Iblis Laut Selatan itu telah tewas di tangan Pek Han Siong. Suami isteri Kwee Siong dan Tong Ci Ki yang terkenal dengan julukan suami isteri Guha Iblls Pantai Selatan tewas di tangan Bi Lian.

Lam-hai Giam-lo sendiri tewas di tangan suami isteri Cang Su Kiat dan Kok Hui Lian, musuh besarnya. Ji Sun Bi yang juga merupakan seorang tangan kanan Lam-hai Giam-lo, terjatuh ke dalam jurang yang curam ketika berkelahi melawan Cia Kui Hong. Gurunya, Min-san Mo-ko, tewas di tangan Kok Hui Lian pula. Ketua Kui-kok-pang, yaitu Kim San, tewas di tangan Can Sun Hok dan anak buahnya hampir habis terbasmi oleh Sun Hok dan Ling Ling. Demikian pula Hek-hiat Mo-ko tewas oleh Sun Hok dan Ling Ling. Kulana sendiri tewas sampyuh bersama Mulana.

Masih banyak lagi tokoh-tokoh sesat yang membantu pemberontakan itu, para pendeta Pek-lian-kauw, menjadi korban dalam pertempuran itu. Biarpun di pihak pemerintah, banyak pula pendekar, perwira dan perajurit yang tewas, namun jelas bahwa pihak pemberontak mengalami kekalahan dan kini sisanya yang tidak mampu lagi melarikan diri, berlutut dan menyerah!






Pertempuran berhenti, akan tetapi masih ada pertempuran yang amat hebat terjadi antara Hay Hay dan Pek Han Siong sehingga menarik perhatian para pendekar dan para perwira untuk datang menonton. Banyak orang menjadi saksi betapa tadi baik Hay Hay maupun Han Siong telah berjasa mengamuk dan membantu pemerintah, maka kini semua orang yang tidak tahu urusannya, merasa heran melihat mereka saling gempur sendlri dan tidak ada yang berani melerai. Apalagi melihat betapa kedua orang itu mempergunakan ilmu-ilmu yang aneh.

Para pendekar yang keluar sebagai pemenang dalam pertempuran itu, kini satu demi satu menghampiri tempat perkelahian yang amat seru itu, menjadi penonton. Mereka semua takjub menyaksikan perkelahian yang luar biasa itu.

Su Kiat dan Hui Lian melihat dengan penuh kagum, juga Kui Hong, Ling Ling dan Sun Hok, Pek Eng yang tidak melihat bahwa diantara para pendekar yang mengelilingi tempat pertempuran itu terdapat pula ayahnya, Pek Kong dan juga Song Un Tek bekas calon ayah mertuanya.

Pek Kong yang amat tertarik melihat puteranya, Pek Han Siong, bertanding melawan Hay Hay, hal yang amat mengherankan hatinya, belum melihat kehadiran Pek Eng di seberang. Pek Kong amat terkejut dan heran melihat perkelahian itu, akan tetapi dia tidak mau lancang melerai dan membiarkan saja, sambil siap-siap untuk membantu puteranya kalau perlu.

Pertempuran itu memang berjalan dengan seru. Setelah mendapat kenyataan bahwa dengan merobah diri menjadi kecil diturut pula oleh Hay Hay dan dia tidak mampu mendesak pemuda yang menjadi lawannya, Han Siong merobah dirinya menjadi seekor harimau besar yang mengaum-ngaum dan mencakar-cakar. Dan hebatnya, Hay Hay juga mengubah diri menjadi seekor harimau yang sama besarnya.

Kedua binatang itu bertarung dengan hebatnya, menggetarkan jantung para penonton yang memenuhi tempat itu. Berulang kali Han Siong mengubah diri menjadi naga, menjadi rajawali, bahkan menjadi biruang, namun selalu Hay Hay dapat mengembari dan menyainginya, dan akhirnya Han Siong terpaksa mengubah dirinya kembali menjadi normal. Hal ini diikuti oleh Hay Hay dan bertempurlah kembali kedua orang muda yang sama gagah dan sama perkasanya itu! Suling dan pedang sudah beradu ratusan kali dan memercikkan bara api yang menyilaukan mata.

"Aih, kalau dilanjutkan, tentu seorang diantara mereka akan celaka…" bisik Hui Lian di dekat telinga suaminya, Su Kiat.

"Kurasa tidak," bisik Su Kiat kembali. "Lihat, mereka itu seperti orang berlatih saja. Keduanya nampaknya berhati-hati agar jangan sampai mencelakai lawan. Hemm, sungguh membuat hatiku kagum bukan main. Mereka adalah dua orang pemuda yang sukar dicari bandingnya di dunia persilatan."

Kui Hong yang berdiri seorang diri, menonton dengan jantung berdebar. Melihat Hay Hay, teringatlah dara ini akan pengalamannya yang mesra dengan pemuda itu. Kini, melihat Hay Hay berkelahi menemukan lawan yang demikian tangguhnya, diam-diam ia merasa khawatir. Ia memang kadang-kadang merasa benci sekali kepada Hay Hay yang dianggapnya telah mempermainkannya, telah menolaknya, menolak cintanya. Akan tetapi, harus diakuinya pula bahwa ia masih mencinta pemuda itu!

Tiba-tiba terdengar bentakan nyaring.
"Engkau harus mati…!" dan ,nampak Ling Ling meloncat ke medan pertempuran itu, menggunakan sebatang pedang menerjang dengan nekat, lalu menyerang Hay Hay!

Tentu saja Hay Hay terkejut sekali dan cepat dia mengelak. Pek Han Siong juga terkejut. Dia tidak menghendaki ada orang lain mencampuri perkelahiannya dengan Hay Hay, akan tetapi diapun tidak dapat mencegah gadis ini.

"Engkau harus mati…..!"

Kembali Ling Ling berseru dan menyerang dengan dahsyatnya. Hay Hay merasa betapa perasaan hatinya tertusuk. Dia tahu mengapa Ling Ling menyerangnya. Gadis itu masih menganggap bahwa dialah yang telah memperkosa gadis itu! Perasaan tertusuk ini membuat dia menjadi lengah, apalagi karena sulingnya masih terus dipergunakan melindungi dirinya dari desakan Han Siong. Karena itu, serangan Ling Ling agak lambat dielakkan dan bahu kirinya tergurat pedang sehingga bajunya robek berikut kulitnya dan darah membasahi bajunya.

Pek Han Siong sudah mengenal Ling Ling dan tidak tahu mengapa gadis itu menyerang Hay Hay, akan tetapi karena dia sendiri merasa kewalahan menghadapi Hay Hay, kini melihat pemuda lawannya yang amat tangguh itu terluka, dia segera mendesak dengan tusukan pedangnya.

“Tranggg…!”

Kembali Hay Hay menangkis dan melompat menjauhi Ling Ling yang marah itu. Kembali terjadi pertarungan sengit antara Hay Hay dan Han Siong. Ling Ling juga sudah siap untuk menyerang lagi dan mengeroyok Hay Hay.

“Ling Ling, jangan…!”

Tiba-tiba Kui Hong meloncat ke depan, dan ia memegang lengan kiri Ling Ling, menariknya mundur dari medan pertempuran.

Ling Ling membalikkan tubuhnya dan melihat bahwa yang menariknya adalah Kui Hong, iapun menangis. Kui Hong terkejut dan merangkul Ling Ling.

“Eh, Ling Ling, engkau kenapakah…?” bisiknya, semakin heran melihat keadaan gadis i tu.

“Bibi Kui Hong….!”

Ling Ling mengeluh dan tangisnya semakln sesenggukan. Semenjak malapetaka yang menimpa dirinya itu, Ling Ling telah menderita tekanan batin yang hebat, dan ia selalu menahan dan menyembunyikannya, tidak mau menceritakan kepada siapapun juga. Kini, bertemu Kui Hong yang masih terhitung bibinya sendiri dan dengan siapa ia sudah menjalin persahabatan yang akrab ketika ia berada di Cin-ling-pai, kesedihannya mengalir bersama air mata, seperti terlepas dari bendungannya.

"Ling Ling, kenapa engkau ingin membunuh dia?" bisik Kui Hong.

Setelah mengalirkan banyak air mata, Ling Ling mampu menguasai dirinya dan masih dalam rangkulan Kui Hong, iapun berbisik dengan hati hancur,

"Bibi Hong, dia... dia jai-hwa-cat yang jahat... dia harus mati di tanganku... dia... telah memperkosa aku, menotok aku selagi tidur dan memperkosaku…."

Saking kagetnya, Kui Hong mendorong tubuh Ling Ling, wajahnya pucat dan matanya terbelalak. Lalu ia menoleh ke arah perkelahian yang masih berlangsung seru itu, mukanya perlahan-lahan berubah merah sekali dan sepasang matanya yang jeli mengeluarkan sinar berapi. Kemudian, tiba-tiba ia berkata kepada Ling Ling.

"Kalau begitu akulah yang akan membunuhnya!"

Dan Kui Hong sudah mencabut Hok-mo Siang-kiam, sepasang pedang yang berwarna hitam itu lalu menerjang ke medan perkelahian, menyerang Hay Hay dengan dahsyat sekali.

Hay Hay terkejut sekali dan cepat meloncat ke belakang.
"Kui Hong, kau... kau...!"

Akan tetapi gadis itu sudah menyerang lagi sehingga Hay Hay kembali mengelak dengan loncatan ke samping.

"Engkau manusia busuk dan jahat, harus mati di tanganku!" bentak Kui Hong.

Terpaksa Hay Hay memutar sulingnya untuk melindungi dirinya karena kini Han Siong yang tadinya bingung dan ragu melihat munculnya seorang gadis lain yang lebih lihai menyerang Hay Hay, sudah maju lagi menggerakkan pedang pusakanya.

Melihat Kui Hong menyerang Hay Hay, Ling Ling lalu meloncat maju dan iapun cepat menyerang. Kini Hay Hay dikeroyok oleh tiga orang dan karena dia sama sekali tidak ingin merobohkan atau melukai seorangpun diantara mereka bertiga, maka dia hanya mencurahkan semua tenaga dan kepandaiannya untuk menjaga dan melindungi dirinya. Hal ini membuat dia semakin terdesak hebat dan kembali dia terluka oleh serempetan pedang hitam di tangan kiri Kui Hong, mengenai paha kanannya sehingga celananya robek berdarah.

Pendekar Mata Keranjang







Tidak ada komentar:

Posting Komentar